Home / Info Bandara / Gugatan IPL Bandara Kulonprogo Dikabulkan

Gugatan IPL Bandara Kulonprogo Dikabulkan

Perkembangan pembangunan bandara baru Yogyakarta atau Bandara Kulonprogo bakal semakin belum jelas. Hal itu dengan dikabulkannya gugatan masyarakat Kulonprogo, Yogyakarta, yang tergabung dalam paguyuban warga Wahana Tri Tunggal (WTT)  atas Izin Penetapan Lahan (IPL) Bandara Kulonprogo. Gugatan tersebut terkait surat keputusan Gubernur DIY, yang keluar pada 31 Maret 2015 mengenai Izin Penetapan Lahan (IPL) pembangunan bandara di Kabupaten Kulonprogo.

Gugatan IPL Bandara Kulonprogo Dikabulkan

Hakim Ketua Indah Triharyanti dalam persidangan di PTUN Yogyakata, Selasa (23/6/2015)  berpendapat IPL yang dikeluarkan Gubernur DIY pada 31 Maret mengenai rencana pembangunan bandara itu dianggap bertentangan dengan asas kepentingan umum. Sebab, dalam aturan yang tercantum pada Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Jawa-Bali dan Nasional tidak menyebutkan wilayah Kulonprogo bisa dilakukan pembangunan bandara.

Majelis hakim menyarankan agar Gubernur DIY membatalkan dan mencabut IPL pembangunan Bandara Kulonprogo. Dalam persidangan yang berlangsung satu jam lebih itu hadir ratusan warga yang terancam terkena dampak pembangunan Bandara Kulonprogo, yakni warga Desa Sindutan, Palihan, Kebunrejo, Jangkaran, dan Glagar. Mereka datang berombongan menggunakan lima kendaraan bus.

Menanggapi hal tersebut Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan HB X akan mengajukan kasasi atas putusan Pengadilan Tata Usaha Negara yang membatalkan Surat Keputusan Gubernur tentang Izin Penetapan Lokasi Bandara di Kulon Progo.

About Webmaster

Check Also

Pendaratan Perdana di Bandara YIA

Pendaratan Perdana Pesawat di Bandara YIA

Pesawat Kalibrasi dengan Kode PK CAC berhasil mendarat sempurna di atas landasan pacu Bandara Yogyakarta …

Recent Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.