Home » Bandar Udara » Bandara JB Soedirman Purbalingga Siap Beroperasi 1 Juni 2021

Bandara JB Soedirman Purbalingga Siap Beroperasi 1 Juni 2021

PT Angkasa Pura II (Persero) berencana mengoperasikan Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga atau Bandara JB Soedirman, Jawa Tengah, pada awal Juni 2021. Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin, menyatakan, sejumlah aspek administrasi sudah disiapkan, di antaranya dengan diterbitkannya Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor KP 98 Tahun 2021 tertanggal 22 April 2021.

Pesawat Kalibrasi mendarat di Bandara JB Soedirman

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan Bandara JB Soedirman siap beroperasi mulai 1 Juni 2021. Informasi dioperasikannya Bandara JB Soedirman setelah Bupati Purbalingga meninjau kesiapan pengaktifan operasionalisasi bandara. Bupati menambahkan untuk mendukung persiapan operasional itu, pada Jumat lalu sudah dilakukan simulasi dalam rangka menyambut penerbangan komersial.

Sementara itu, Executive General Manager Bandara JB Soedirman Catur Sudarmono mengatakan bahwa beberapa hari yang lalu pihaknya telah melakukan simulasi pelayanan penumpang. Proses simulasi itu melibatkan 20 orang anggota TNI AU Lanud Jenderal Besar Soedirman yang diperlakukan seolah sebagai penumpang pesawat.

Simulasi pelayanan itu dimulai ketika calon pengguna jasa bandara masuk ke terminal hingga naik ke pesawat. Dalam simulasi bekerja sama dengan anggota TNI AU Lanud JB Soedirman. Mereka seolah sebagai calon penumpang pesawat. Simulasi juga memperhatikan protokol kesehatan karena saat ini masih pandemi Covid-19.

Pesawat Citilink Mendarat di Bandara JB Soedirman

Menurut rencana pada 3 Juni 2021 pesawat Citilink sudah bisa mengudara di Bandara JB Soedirman dengan rute dari Jakarta dan Surabaya serta sebaliknya. Menjelang “first flight” pada 1 Juni 2021 pihak Angkasa Pura II selaku penyedia Bandara JB Soedirman telah mempersiapkan banyak hal, termasuk dalam kaitannya dengan berbagai fasilitas untuk maskapai serta koordinasi dengan Airnav terkait dengan dukungan navigasi udara.

Mudah-mudahan dengan dioperasikannya Bandara JB Soedirman, bisa berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat. Pemerintah kabupaten berharap bahwa nantinya akan semakin banyak wisatawan yang datang berkunjung ke Purbalingga. Tentunya sektor wisata juga perlu digarap dengan optimal untuk menunjang keberadaan bandara ini,

Check Also

Tahun Depan Bandara Adisutjipto dan Bandara Kulonprogo Beroperasi Bersama

Tahun Depan Bandara Adisutjipto dan Bandara Kulonprogo Beroperasi Bersama

Mulai April 2019 mendatang, PT Angkasa Pura I akan mengoperasikan dua bandara udara di Daerah …