Home » Bandar Udara » Profil Bandara » Profil Bandara Internasional Ngurah Rai Denpasar Bali

Profil Bandara Internasional Ngurah Rai Denpasar Bali

Profil Bandara Internasional Ngurah Rai Bali

Bandara Ngurah Rai422 Penerbangan di Bandara Ngurah Rai Dihentikan. Read more ... » Bali merupakan BandaraPengertian Bandar Udara - Airport. Read more ... » terbesar yang dikelola oleh Angkasa Pura AirportPengertian Bandar Udara - Airport. Read more ... ». Amgkasa Pura Airport atau PT Angkasa Pura IAirport Running Series 2015-2016. Read more ... » (Persero) adalah BUMN yang bergerak dibidang Pengelolaan Jasa Kebandarudaraan. Angkasa Pura AirportPergantian Direksi PT. Angkasa Pura I (Persero). Read more ... » mengelola 13 Bandar UdaraPengertian Bandar Udara - Airport. Read more ... » yang tersebar di kawasan Tengah dan Timur Indonesia. Sebagai satu-satunya Bandara di Pulau Bali, menjadikan Bandara Ngurah Rai sebagai Pintu Gerbang utama menuju Wilayah Tengah dan Timur Indonesia.

Bandara Ngurah Rai dibangun pada tahun 1930 oleh Departement Voor Verkeer en Waterstaats (semacam Departemen Pekerjaan Umum). Landas pacu berupa airstrip sepanjang 700m dari rumput di tengah ladang dan pekuburan di desa Tuban. Karena lokasinya berada di Desa tuban, masyarakat sekitar menamakan airstrip ini sebagai Pelabuhan Udara Tuban.

Lokasi Bandara Ngurah Rai

Jalan Raya Gusti Ngurah Rai Bali 80362 Indonesia

Telepon : +62 361 9351011
Fax : +62 361 9351032
Email : humas@ngurahrai-airport.co.id

 

Bidang Usaha Bandara Ngurah Rai

PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Internasional Ngurah Rai Bali adalah perusahaan penyedia jasa kebandarudaraan (airports services). Terbagi atas 2 bidang usaha yaitu Jasa Aeronautika dan Jasa Non-Aeronautika.

Jasa Aeronautika adalah jasa layanan yang diberikan kepada perusahaan penerbangan dan penumpang, yang terdiri dari:

  • AircraftPengertian Pesawat Terbang - Aircraft. Read more ... » Parking adalah jasa penempatan dan penyimpanan pesawat udara. Pelayanan yang diberikan oleh PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali adalah dengan menyediakan tempat parkir pesawat (apron). Apron di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai dibagi menjadi 2 bagian yaitu:
  • Apron Utara, seluas 300.200 M2. Memiliki daya tampung 37 parking stand yang diperuntukkan bagi penerbangan berjadwal (reguler flight). Mampu melayani pesawat berbadan lebar (wide body) dengan type terbesar B747 seri 400;
    Apron Selatan, seluas 74.125 M2. Memiliki daya tampung 16 parking stand. Diperuntukkan bagi penerbangan tidak berjadwal (unscheduled flight) dan charter. Menampung pesawat berbadan kecil (narrow body).
  • Passenger Processing, adalah jasa layanan penumpang. Pelayanan yang diberikan oleh PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali adalah dengan menyediakan gedung terminal penumpang berserta fasilitas penunjang lainnya seperti fasilitas check in, transit, boarding dan trolley.
  • Gedung terminal penumpang dapat dibagi menjadi 2, yaitu:

Jasa Non-Aeronautika, adalah jasa layanan pendukung kebutuhan perusahaan penerbangan dan penumpang. Dalam pemenuhannya PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali bekerja sama dengan mitra usaha. Bidang usaha ini dapat dibagi menjadi 6 bagian, antara lain:

  • Food and Beverages, jasa layanan penyedia makanan dan minuman, baik di dalam maupun di luar terminal penumpang.
  • Retail, layanan jasa penyedia perbelanjaan untuk kebutuhan penumpang (souvenir, buku, dll), termasuk di dalamnya duty free shops.
  • Advertising, layanan jasa penyedia ruang iklan sebagai media promosi dan publikasi.
  • Property, layanan jasa penyedia sewa ruang usaha (space), di lingkungan Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai.
  • Parkir Kendaraan, layanan jasa penyedia area parkir kendaraan penumpang maupun penjemput dan pengantar. Terdiri dari gedung parkir 5 lantai dengan kapasitas 1.600 unit kendaraan roda 4 dan lahan parkir yang mampu penampung 1.963 unit.
  • Cargo Service, layanan pengelolaan pengiriman barang.

Fasilitas Bandara Ngurah Rai

Landasan PacuPenerbangan Garuda Indonesia Rute Surabaya Banyuwangi. Read more ... »
Berukuran 45 M x 3.000 M dengan konstruksi perkerasan beton dan aspal, PCN 83/F/C/X/T, dapat digunakan pesawat kelas B 747-400 untuk menempuh jarak setara Denpasar – Tokyo tanpa pembatasan beban.

Fasilitas Sisi Udara

– Perpendicular : 5
– Dimensi : 3 x (148,5 x 23) M (600 x 23) M (600 x 23) M
– Rapid Exit : 2
– Dimensi : 2 x (237,62 x 23) M

  • Apron
  • F1 : 9 ( F1 = B-747, A-300, A-330, A-340, B-777)
  • F2 : 4 ( F2 = DC-10, A-310, A-320, A-319, MD-11, B-767)
  • F3 : 25 ( F3 = B-737, DC-9, Fokker-100, MD-82, MD-90)
  • F4 : – ( F4 = Fokker-50, Fokker-28, Fokker 27, Cassa-212, ATR-42, ATR-72)

Luas Apron : 269.367 M²

Fasilitas Sisi Darat

  • Terminal Penumpang Internasional : 65.898,5 M²
  • Terminal Penumpang Domestik : 14.791,86 M²
  • Parkir Kendaraan : 51.348 M²
  • VIP I : 633 M²
  • VIP II : 400 M²
  • Cargo International Area : 3.708 M²
  • Cargo Domestik Area : 2.574 M²
  • Inflight Catering : 5.720 M² (PT. Angkasa Citra Sarana / ACS)
  • Inflight Catering II : 3.040 M² (PT. Jasapura Angkasa Boga)
  • Aircraft Refueling Capacity : (PT. Pertamina (Persero))
  • 3 Buah Tangki Pendam : 6.481.000 liter
  • 3 Buah Tangki Pendam : 13.528.000 liter
  • Fasilitas Search&Rescue (SAR) : Tersedia
  • Trolley : Tersedia

Landasan – taxi
Beberapa “landasan – taxi – keluar” dan “landasan – taxi – sejajar” dengan konstruksi aspal dan beton meningkatkan kapasitas landasan pacu.

Pelataran Parkir Pesawat
Kapasitas Pelataran Parkir Pesawat adalah 7 posisi pesawat kelas B 747-400,6 posisi pesawat kelas A 320, dan 25 posisi untuk kelas B 737, (dalam waktu bersamaan).

Helipad
Untuk pendaratan helikopterPengertian Lepas Landas - Take off. Read more ... », tersedia tiga buah helipad.

Depot Pengisian Bahan Bakar Pesawat Udara (DPPU).
Tersedia fasilitas DPPU dengan kapasitas simpan 6.540 kiloliter yang dioperasikan oleh Pertamina untuk pelayanan pengisian BBM bagi pesawat udara, baik dengan menggunakan hidran maupun kendaraan tanki, jenis bahan bakar avtur dan avigas.

Unit Pertolongan Kecelakaan
Tersedia Unit Pertolongan Kecelaka-an Penerbangan & Pemadam Kebakaran (PKP&PK) dengan peralatan yang lengkap sesuai dengan Katagori 9 menurut persyaratan ICAOPengertian Bandar Udara - Airport. Read more ... ».

Penghargaan Yang Diperoleh Bandara Ngurah Rai :

  • Penghargaan pelayanan publik dari departemen perhubungan tanggal 6 september 2005
  • Bumn terbaik 2005 kategori infrastruktur, konstruksi, perhubungan dan kawasan industri oleh investor (media investasi & keuangan)
  • Bandara internasional terbaik di indonesia dari aspek keamanan & keselamatan tahun 2007 yang diberikan oleh departemen perhubungan republik indonesia.
  • Peringkat satu dalam penyediaan dan pengelolaan toilet umum bersih tahun 2007 yang diberikan oleh menteri kebudayaan dan pariwisata sebagai bandar udara internasional terbersih.
  • Penilaian unit pelayanan publik di lingkungan departemen perhubungan tahun 2007
  • Wajib pajak terbaik kabupaten badung tahun 2007 (best region tax-payer of badung regency year 2007)
  • Penghargaan kecelakan nihil (zero accident) dalam melaksanakan program kesehatan dan keselamatan kerja tahun 2008 yang diberikan oleh departemen tenaga kerja & transmigrasi.
  • Bandara berkinerja terbaik 2007 kategori Bandara Growth dan Take Off7 Tips Nyaman Naik Pesawat Terbang. Read more ... » yang diberikan oleh Direktur Utama PT. (Persero) Angkasa Pura I.
    Penghargaan citra pelayanan prima pada tahun 2008 diberikan oleh MENPAN.
admin
Informasi Menarikclose