Home » Bandar Udara » Bandara Tercanggih di Indonesia

Bandara Tercanggih di Indonesia

Perkembangan teknologi sekarang berkembang dengan pesat. Teknologi yang modern juga mewarnai di pembangunan bandaraPengertian Bandar Udara - Airport. Read more ... » Indonesia. Dari beberapa bandara di Indonesia ternyata sudah mempunyai teknologi canggih di dalamnya. Peralatan dengan teknologi canggih di bandara dipakai untuk menunjang keamanan, keselamatan dan kenyamanan bandara. Dalam prakteknya teknologi canggih di bandara tidak mengurangi keindahan desain bandara tetapi menambah kenyaman bagi penumpang pesawat udara.

Berikut ini kami pilihkan empat bandara di Indonesia yang mempunyai peralatan canggih :

Bandara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara

Bandara Kualanamu

Bandara Kualanamu10 Bandara Dengan Toilet Terbersih. Read more ... » yang mempunyai kode KNO telah beroperasi sejak soft operation pada 25 Juli 2013 merupakan bandara yang pertama di Indonesia dalam penerapan sistem penanganan bagasiProsedur Pemeriksaan Keamanan di Bandara. Read more ... » terintegrasi atau dikenal dengan Integrated Baggage Handling System (IBHSS) dengan tingkat pendeteksi keamanan tertinggi. Integrated Baggage Handling System (IBHSS) dipakai sebagai fasilitas check-in bagi penumpang di Bandara Internasional Kualanamu. Dengan IBHSS pendeteksian bagasi penumpang presisi sehingga keamanan dibandara lebih terjaga dan penumpang tidak perlu melalui proses pemeriksaan bagasi melalui x-ray sebelum check in.

Di samping itu, Bandara Internasional Kualanamu juga merupakan bandara pertama di Indonesia yang terkoneksi dengan jaringan kereta. Dari Medan ke Bandara Internasional Kualanamu, maupun sebaliknya, masyarakat bisa menggunakan kereta dengan jarak tempuh sekitar 37 menit.

Jaringan kereta ini memberikan alternatif moda transportasi bagi masyarakat yang ingin bepergian atau baru datang di Bandara Internasional Kualanamu. Penumpang dapat menunggu kedatangan kereta dengan nyaman di stasiun yang didesain modern.

Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng Jakarta

Bandara Soekarno Hatta

Bandara Soekarno Hatta walaupun pembangunan phisik relatif lama, tetapi sudah menerapkan teknologi yang modern. Selain system checkin sudah terpadu, Bandara Soekarno Hatta juga dipakai sebagai pusat kontrol lalulintas udara di indonesia bagian barat atau lebih dikenal dengan Jakarta Air Traffic Service Center (JATSC).

Sebagai salah satu pusat pemandu udara Indonesia JATSC dilengkapan dengan peralatan navigasi udara yang canggih dan serba otomatis. Saat ini peralatan radar beserta otomasinya diperbarui sehingga bisa menampilkan data radar dari beberapa bandara lain bisa terkumpul di JATSC.

Bandara Ngurah Rai422 Penerbangan di Bandara Ngurah Rai Dihentikan. Read more ... », Denpasar Bali

Bandara Ngurah Rai  Bali

Sebagai salah satu tujuan wisata dunia, Bali juga memiliki bandara dengan teknologi modern. Bandara Ngurah Rai BaliProfil Bandara Internasional Ngurah Rai Denpasar Bali. Read more ... » merupakan bandara yang pernah diaudit Transportation Securuty Agency (TSA) sebuah badan otoritas keselamatan penerbanganUndang-Undang Penerbangan No 1 Tahun 2009. Read more ... » Amerika Serikat. Dengan adanya audit dari Transportation Securuty Agency (TSA) maka bandara Ngurah Rai ditambah perlengkapan keamanan bandaraProsedur Pemeriksaan Keamanan di Bandara. Read more ... » yang modern.

Peralatan keamanan kembali diperbarui dengan dibangunnya terminal baru internasional di Bandara Ngurah Rai. Di terminal baru Bandara Ngurah sudah dilengkapi dengan Integrated Baggage Handling System (IBHSS) yang dipakai sebagai fasilitas check-in bagi penumpang. Dengan IBHSS pendeteksian bagasi penumpang lebih teliti sehingga keamanan dibandara lebih terjaga dan penumpang tidak perlu melalui proses pemeriksaan bagasi melalui x-ray sebelum check in.

Bandara Sultan Hasanudin, Makassar

Bandara Hasanudin Makasar

Bandara Sultan Hasanudin merupakan pintu gerbang udara untuk Indonesia bagian Timur. Bandara yang terletak sekitar 30 Km dari kota Makassar ini memadukan unsur lokal dan desain yang modern dengan langit-langit serta lampu yang cantik. Bagian atap dibuat bergelombang sebagai lambang semangat pelaut suku Bugis Makassar dan dominasi warna putih biru.

Bandara Sultan Hasanudin juga dipakai sebagai pusat kontrol lalulintas udara di indonesia bagian Timur atau lebih dikenal dengan Makasar Air Traffic Service Center (MATSC). Sebagai salah satu pusat pemandu udara Indonesia MATSC dilengkapan dengan peralatan navigasi udara yang canggih dan serba otomatis. Saat ini peralatan radar beserta otomasinya diperbarui sehingga bisa menampilkan data radar dari beberapa bandara lain bisa terkumpul di MATSC.

admin
Informasi Menarikclose